Kata Motivasi Kerja untuk Mengawali Harimu

Hidup tidak selamanya berjalan sesuai dengan keinginan, khususnya dalam dunia bisnis atau kerja. Jika hal tersebut terjadi, biasanya beberapa orang akan berpaling mencari kata motivasi kerja untuk menginspirasi mereka. Apakah kamu juga seperti itu, Sobat Studentpreneur?

Seperti yang dilansir dari situs Fast Company, ternyata memang ada alasan mengapa kata-kata semangat kerja mampu memotivasi pembacanya. Scott Sobel, pendiri perusahaan Media & Communication Strategies, Inc., mengatakan bahwa jawabannya bahkan berakar dari biologi. Menurutnya, manusia merupakan makhluk yang aspiratif. Secara naluriah, kita akan mencari role model yang sesuai bagi diri kita sendiri dan mengikuti perkataannya. Dengan kata lain, sebenarnya para role model dan kata motivasi kerja yang mereka utarakan mampu memengaruhi kita hingga level primal (utama).

Jadi, untuk membantu kamu lebih semangat dalam menjalani hari dan terus berusaha mengembangkan bisnis, coba baca dulu beberapa kata motivasi kerja di bawah ini. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan secuil inspirasi yang bisa berdampak positif bagi bisnis dan hidupmu secara keseluruhan.

 

“A year from now, you will wish you had started today.” – Karen Lamb

Karen Lamb merupakan seorang penulis internasional. Tidak ada yang tahu pasti kapan Lamb pertama kali menuliskan kutipan tersebut, tetapi yang jelas orang-orang sudah mendengarnya sejak tahun 1994. Walaupun usianya sudah cukup lama, kutipan Lamb tersebut masih sangat relatable dengan kondisi sekarang, terutama bagi kamu yang punya kebiasaan menunda-nunda sesuatu. Melalui perkataan tersebut, Lamb seolah ingin mengingatkan kita semua untuk tidak membuang-buang waktu dan memulai apa yang bisa dikerjakan sekarang juga. Jangan sampai suatu hari nanti kamu menyesal karena tidak melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan saat ini.

 

“It’s not about ideas, it’s about making ideas happen.” – Scott Belsky

Kutipan satu ini diambil dari buku berjudul Making Ideas Happen: Overcoming the Obstacles Between Vision and Reality yang ditulis oleh Scott Belsky. Untuk membangun bisnis yang sukses, punya ide bagus dan unik saja tidak cukup. Tantangan sesungguhnya justru baru dimulai, yakni membuat ide bagus kamu menjadi kenyataan. Masih dari buku yang sama, Belsky menceritakan bahwa sebetulnya ada banyak ide bagus bermunculan, tetapi sayangnya justru “hilang” karena pencetus ide tersebut tidak membuatnya menjadi kenyataan. Jadi, Belsky ingin mengingatkan kamu bahwa ide yang bagus akan percuma apabila kamu tidak mengeksekusinya.

 

“Sometimes when you innovate, you make mistakes. It is best to admit them quickly and get on with improving your other innovations.” – Steve Jobs

Siapa yang tidak kenal Steve Jobs? Bahkan setelah meninggal dunia pada tahun 2011 pun namanya masih dielukan oleh para Apple fanboy dan fangirl. Steve Jobs merupakan bukti nyata bahwa siapa pun bisa belajar dari kegagalan dan memanfaatkannya untuk menjadi lebih maju. Ya, bahkan orang sekelas Steve Jobs pun pernah mengalami kegagalan dalam berinovasi. Salah satu teknologi ciptaannya yang gagal adalah Apple Lisa, personal computer yang pembuatannya memakan biaya sangat besar. Karena hal tersebut, Apple Lisa pun dijual dengan harga tinggi, yakni sebesar US$10.000. Hal ini membuat Apple Lisa kurang diminati pasar.

 

“Pleasure in the job puts perfection in the work.” – Aristotle

Ketika kamu menikmati apa yang kamu kerjakan, kamu akan cenderung bekerja dengan lebih baik dibandingkan jika kamu tidak menikmatinya. Mungkin hasilnya juga tidak sempurna, tetapi kamu pasti akan mengerahkan usaha yang lebih jika kamu menyukai apa yang kamu kerjakan. Kutipan Aristotle tersebut dapat menjadi kata-kata semangat kerja untuk kamu. Bisa kamu bayangkan apa yang terjadi jika setiap harinya kamu melakukan hal yang tidak kamu sukai? Kemungkinan besar kamu hanya akan menyesal pada kemudian hari. Lagi pula, bagaimana kamu akan membuat orang lain menyukai hasil kerjamu jika kamu sendiri tidak menyukainya?

 

 “Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn’t do than by the ones you did do.” – Mark Twain

Kata motivasi kerja satu ini sepertinya masih berhubungan dengan kutipan di atas. Jika pekerjaanmu yang sekarang tidak sesuai dengan passion, melakukan resign tentu merupakan hal risky karena tidak ada yang menjamin apakan passion-mu dapat mengarahkanmu pada kesuksesan. Kemungkinannya hanya ada dua, kamu akan lebih sukses atau justru sebaliknya. Namun, kalau kamu tidak mencoba sama sekali, kamu hanya akan memiliki satu opsi, yakni tetap terjebak melakukan hal-hal yang tidak kamu senangi.

Bukannya kamu harus langsung keluar atau mengabaikan pekerjaan yang sekarang. Ambil saja beberapa langkah kecil dulu. Misalnya, jika kamu punya passion terhadap fashion, lakukan saja riset kecil-kecilan untuk mengetahui produk seperti apa yang harus kamu jual, bagaimana karakteristik market kamu, dan sebagainya.

Kamu juga bisa sukses. Photo credit: Gerd.

“I don’t know the key to success, but the key to failure is trying to please everybody.” – Bill Cosby

Dalam melakukan apa pun di dunia ini, ingatlah bahwa kamu tidak akan pernah bisa menyenangkan seluruh orang, termasuk dalam bidang bisnis sekali pun. Pasti akan ada saja orang yang memberikan komentar kurang membangun kepada kamu. Biarkan saja. Jika ada lebih banyak orang yang mendukungmu dan terlihat antusias dengan bisnismu, sebaiknya kamu fokus saja kepada mereka. Minta pendapat mereka tentang bisnis yang sedang kamu coba jalankan, apa yang kira-kira bisa kamu perbaiki untuk mengembangkannya. Apabila kamu terus memikirkan pihak-pihak yang tidak suka terhadapmu, kamu hanya akan membuang-buang energi.

 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap terus semangat dalam membangun dan menjalankan bisnis. Mengawali hari dengan membaca berbagai kata motivasi kerja adalah salah satunya. Meski mungkin terdengar simpel, tetapi apabila dilakukan secara terus menerus, kata-kata tersebut bisa menjadi mantra positif untuk melecut semangatmu. Good luck! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *