Cara Mengatasi Stres yang Efektif

Stres adalah gangguan yang hampir pernah dialami oleh setiap orang. Masalah pekerjaan yang menumpuk di kantor ditambah dengan masalah di rumah maupun hubungan pertemanan yang kian menyiksa batin seakan lebih dari cukup untuk menjalani alasan stres yang datang. Apakah kamu pernah mengalami yang namanya stres? Pada beberapa orang, memang stres bisa hilang dengan sendirinya jika dibiarkan begitu saja. Namun, beberapa dari mereka ada yang tidak mampu mengelola emosinya sehingga stres berkembang menjadi gangguan yang cukup serius hingga mengancam kesehatan jiwa.

Nah Sobat Studentpreneur, kalau kamu pernah mengalami stres, sebaiknya segera atasi agar tidak sampai mengganggu aktivitas harianmu. Bekerja dalam kondisi stres tidak akan membuat hasil pekerjaan yang kamu lakukan maksimal. Berikut cara mengatasi stres efektif yang perlu kamu coba.

 

Cari Dulu Penyebab Stres

Tidak sedikit orang yang stres namun tidak tahu kenapa ia bisa demikian sehingga cara menghilangkan stres yang dilakukannya pun juga tidak bisa maksimal Kalau kamu mengalami stres, sebaiknya cari penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa menemukan langkah yang tepat untuk menghilangkannya.

 

Mengobrol Dengan Teman

Siapa sangka ternyata cara menghilangkan stres yang satu ini juga sangat efektif, lho! Ketika kamu merasa mual dan depresi karena kejenuhan aktivitas sehari-hari maupun masalah yang ada, segera buat inisiatif untuk bertemu dengan teman lama. Mengobrol dengan sahabat lama itu seru dan menyenangkan sehingga akan mampu menghilangkan stres barang sejenak. Tak harus teman lama, mengobrol dengan teman kantor atau tetangga di dekat rumah juga bisa. Dengan begitu kalian bisa saling bertukar pikiran dan membuka pikiran lebih dalam untuk mencari solusi masalah yang sedang kamu hadapi.

 

Sesekali Meluangkan Waktu untuk Hobi

Tak ada salahnya jika kamu meluangkan waktu dalam seminggu untuk memanjakan diri tenggelam dalam hobi. Jika kamu hobi memancing, maka pergilah ke kolam pancing untuk memenuhi hobi tersebut. Agar lebih menyenangkan, pergi ke tempat yang ada di luar kota. Tak hanya memancing, hobi apapun yang kamu miliki bisa dijadikan sebagai pelarian sebagai cara menghilangkan stres, karena dengan melakukan apa yang kiat senangi akan membuat kita lupa sejenak dengan beban dan masalah yang ada.

 

Me-manage Waktu adalah Solusinya

Bisa jadi penyebab stres lainnya yang kamu alami disebabkan karena manajemen waktu yang kurang baik. Misalkan ketika ada pekerjaan banyak dan di lain sisi kita juga harus menyelesaikan pekerjaan di rumah. Waktu yang kita dapatkan selama 24 jam seolah kurang untuk menyelesaikan semua itu. Alhasil, kamu pun cemas memikirkan jika semuanya tidak berjalan lancar. Jika masalahnya seperti ini, cara mengatasi stres yang bisa dilakukan adalah dengan me-manage waktu secara tepat. Susunlah jadwal pasti apa yang akan kamu lakukan seharian ini lengkap dengan jamnya. Dengan berpedoman pada jadwal tersebut, kamu jadi lebih bisa menyelesaikan semuanya tepat waktu.

 

Siapkan Agenda Rutin Harian dengan Berolahraga

Tahukah kamu jika olah raga juga dapat mengurangi tingkat stres yang kita alami? Mungkin selama ini kamu berpikir bahwa kamu tidak memiliki cukup waktu untuk aktivitas yang satu ini. Bangun di pagi hari, mandi, sarapan, berangkat kerja, pulang, mandi, lalu tidur. Aktivitas harian yang monoton seperit ini ternyata juga bisa menjadi pemicu stres yang Sobat kamu alami. Berolah raga tak harus setiap hari, bisa dilakukan sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu. Pada saat berolah raga, tubuh kita mengeluarkan hormon yang bisa membuat perasaan kita lebih tenang dan senang. Nah, selain menyehatkan ternyata olahraga juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi stres.

 

Rekreasi ke Luar Kota

Cara mengatasi stres secara instan yang banyak dilakukan orang adalah dengan berekreasi ke tempat-tempat yang alami. Kamu bisa pergi keluar kota yang udaranya masih segar. bisa ke pegunungan, pantai, dan hutan. Apa lagi jika tempat tersebut masih sepi, kamu bisa merasakan ketenangan maksimal dan menyegarkan kembali pikiran di sana. Pikiran yang segar akan membantu kamu untuk berpikir lebih jernih dalam menyelesaikan masalah.

 

Berusaha untuk Tetap Berpikir Positif

Bisa dibilang, ini adalah langkah dalam mengatasi stres yang paling krusial. Stres tak hanya disebabkan karena pekerjaan atau masalah dari luar yang datang bertubi-tubi, tapi bisa juga datang dari diri kita sendiri. Pernahkah kamu berpikiran negatif akan suatu hal kemudian memikirkannya hingga berlarut-larut dan hal ini pun timbul menjadi kecemasan baru yang membuat kamu merasa gelisah berkepanjangan? Rasa gelisah ini jika tidak segera diatasi akan berkembang menjadi depresi yang mengganggu ketenangan jiwa. Berpikiran negatif dan pesimis bisa menjadi sumber alasan stres yang kamu alami. Untuk itu, penting agar selalu bersikap dan berpikir positif. Dengan demikian, kamu bisa melihat sesuatu dari sisi yang lain dan menemukan solusinya.

Stres bisa disebabkan karena pengaruh dari luar maupun dari diri kita sendiri. Oleh sebab itu, langkah awal sebagai cara mengatasinya yakni dengan mencari tahu penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab stres, kita bisa melakukan langkah penanganan yang tepat. Satu hal penting yang harus selalu Sobat Studentpreneur lakukan, yakni tetap berpikir positif dalam menghadapi situasi apapun. Selain menghindarkan diri dari stres, hal tersebut dapat membuat kamu untuk bisa tetap berpikir jernih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *